Kategori
POLITIK

Deklarasi Dukungan Ratusan Penenun Pringgasela untuk Paslon Iron – Edwin di Pilkada Lombok Timur

Spread the love

LOMBOK EDITOR- Ratusan Inaq-inaq penenun Pringgasela mendeklarasikan dukungan terhadap Calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur, H. Hairul Warisin dan HM Edwin Hadiwijaya. Kegiatan ini dipusatkan di Desa Pringgasela, Jumat, 11 Juli 2024.

Kehadiran pasangan calon Smart yang diwakili HM Edwin Hadiwijaya disambut meriah oleh ratusan penenun tersebut, bahkan salah satu dari mereka meneriakkan, “Menyala Abangku.”

Usai deklarasi, acara dilanjutkan dengan penandatanganan dukungan terhadap pasangan calon (Paslon) Smart dan sesi tanya jawab.

Dalam sesi dialog, seorang penenun Pringgasela mengungkapkan keprihatinannya tentang kondisi penenun di daerah tersebut.

“Tenun Pringgasela adalah warisan kebanggaan Kabupaten Lombok Timur. Sebagian besar aktivitas dan mata pencaharian ibu-ibu di Pringgasela berasal dari tenun,” ujarnya.

Namun, saat ini penenun menghadapi berbagai permasalahan, seperti kurangnya minat generasi muda, pandangan bahwa tenun tidak mampu memenuhi kebutuhan ekonomi, mahalnya harga bahan baku, dan harga kain tenun yang dianggap mahal oleh konsumen.

Ia berharap Edwin Hadiwijaya, jika terpilih, dapat mengatasi permasalahan tersebut. “Kami sangat berharap, jika Bapak Edwin menjadi Wakil Bupati, permasalahan yang kami hadapi bisa segera diatasi,” tambahnya

Anggota DPRD NTB ini menanggapi dengan menekankan pentingnya tenun Pringgasela sebagai kebanggaan Lombok Timur dan berjanji akan membina ibu-ibu penenun secara berkesinambungan, memberikan program pelatihan kepada generasi penenun, serta mendorong instansi dan sekolah di Lombok Timur untuk memakai tenun sekali dalam sepekan.

Kelompok penenun di Pringgasela Selatan juga menyampaikan harapannya terkait program sekolah tenun yang telah mereka jalankan untuk memperkenalkan dan mengajarkan generasi muda menenun.

Saat ini, mereka menghadapi kendala lokasi yang berpindah-pindah, sehingga sekolah tenun kurang efektif. Mereka berharap pasangan Iron – Edwin dapat menyediakan lahan untuk sekolah jika terpilih.

Edwin menyatakan dukungannya terhadap inovasi tersebut, menyebut sekolah tenun sebagai inovasi yang baik untuk menjaga keberlanjutan dan masa depan tenun di Pringgasela.

“Inovasi-inovasi ini menjadi tanggung jawab kami untuk mendukung dan mendorong ide-ide yang baik agar menjadi karya nyata yang bermanfaat untuk masyarakat. Oleh karena itu, bantu kami memenangkan kontestasi di Pilkada ini sehingga ide-ide hebat yang ibu-ibu utarakan bisa kita perjuangkan bersama,” tutupnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *