Kategori
WISATA BUDAYA

Peduli Lingkungan, 2000 Pohon Mangrove ditanam di Pulau Kaung Buer

Spread the love

LOMBOKEDITOR.COM – Gunamendukung upaya konservasi lingkungan dan peningkatan kesadaran akan pentingnya pelestarian ekosistem mangrove, sebanyak 100 peserta melakukan penanaman mangrove.

Kegiatan tersebut berlangsung di pulau kaung, Kecamatan Buer, Kabupaten Sumbawa pada Jumat (19/07/2024).

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sumbawa menjadi bagian dalam kegiatan penanaman mangrove ini.

“Hari ini ada 2000 pohon mangrove yang ditanam. Ini menjadi bagian dari program Bakti gerakan pramuka kwartir cabang sumbawa dengan partisipasi aktif dari Saka Kalpataru dan Wanabakti, serta perwakilan dari Kwarran Utan dan Kwarran Alas,” jelas H. Varian Bintoro, S.Sos., M. Si dilokasi acara.

Sementara, dalam sambutannya, Sekretaris Dinas LH Kabupaten Sumbawa, Hj. Rahmawati, M.Si menekankan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan hidup melalui penanaman mangrove.

“Ini sebagai bentuk adaptasi perubahan iklim dan perlindungan terhadap bencana alam,” kata Rahmawati.

Kegiatan penanaman mangrove ini menjadi bagian dari upaya konkret dalam menjaga keberlangsungan ekosistem pesisir, serta sebagai bentuk komitmen kolektif untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

“Semoga partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat dan organisasi akan terus memperkuat upaya pelestarian lingkungan di Kabupaten Sumbawa,” harapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Forum Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu (PSDAT) Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Sumbawa.  (nbd)