Kategori
POLITIK

Survei LSI : Paslon Zul-Uhel Tetap Unggul dan Lalu Iqbal Tertinggi Tanpa Pasangan

Spread the love

LOMBOK EDITOR- Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terkait Pemilihan Gubernur (Pilgub) Nusa Tenggara Barat (NTB) 2024. Berdasarkan survei tersebut, elektabilitas pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur, Zulkieflimansyah-Suhaili FT, menempati posisi teratas dengan 28,1 persen.

Namun, pasangan Iqbal-Dinda tak jauh tertinggal dengan elektabilitas 24,3 persen, menunjukkan kompetisi yang ketat. Sementara itu, pasangan Rohmi-Firin berada di posisi paling bawah dengan 19 persen.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, menjelaskan bahwa survei ini dilakukan pada periode 16-24 Juli 2024, dengan menggunakan metode multistage random sampling terhadap 800 responden. Survei ini memiliki margin of error sebesar 3,5 persen.

Dalam simulasi tanpa pasangan, Iqbal tetap unggul dengan elektabilitas 22,4 persen, diikuti oleh Zulkieflimansyah dengan 21,5 persen, dan Sitti Rohmi Djalilah dengan 21 persen. Djayadi mencatat bahwa Iqbal, sebagai pendatang baru, menunjukkan posisi yang kuat sebagai penantang petahana baik di tingkat gubernur maupun wakil gubernur.

“Meski belum melampaui secara statistik, Pak Iqbal sudah kompetitif dalam menghadapi petahana,” ujar Djayadi dalam keterangan tertulis yang diterima detikBali, Senin (12/8/2024).

Hasil survei LSI ini hampir sejalan dengan survei yang dilakukan oleh PolMark Research Center (PRC), yang menunjukkan elektabilitas Zul-Uhel di angka 32,3 persen, Iqbal-Dinda 26,5 persen, dan Rohmi-Firin 20,6 persen.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *