Kategori
Daerah

Revitalisasi Pantai Ampenan Dimulai, Pedagang Direlokasi Bertahap

Spread the love

LOMBOK EDITOR– Pemerintah Kota Mataram segera memulai kegiatan fisik penataan dan revitalisasi objek wisata Pantai Ampenan. Tahapan revitalisasi saat ini sedang dalam proses sosialisasi kepada semua pihak pemangku kepentingan yang akan terdampak oleh kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram, Cahya Samudra mengatakan selama kegiatan revitalisasi berlangsung, pedagang akan direlokasi secara bertahap ke bagian selatan dan disesuaikan dengan lokasi yang telah ditentukan.

“Arahan pak Walikota Mataram H.Mohan Roliskana kami diminta untuk segera mempercepat revitalisasi Pantai Ampenan jadi Insyaallah bulan ini kita akan mulai,” ungkapnya Jumat (12/7/2024). 

Kegiatan revitalisasi Pantai Ampenan ini  sambung Cahya, dilaksanakan dengan menggunakan anggaran bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp4,5 miliar, revitalisasi akan mencakup tiga kegiatan utama, yaitu penataan lapak pedagang, pembangunan plaza untuk menempatkan 17 “berugak” atau gazebo, dan pembangunan mini “amphitheater” atau gelanggang pertunjukan seni dan budaya dengan kapasitas maksimal 1.000 orang.

 “Untuk tender dan kontrak sudah selesai. InsyaAllah, Senin (22/7), kegiatan fisik revitalisasi dimulai,” jelasnya.

Selain itu, objek wisata Pantai Ampenan juga akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas mitigasi bencana untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung. Hal ini penting karena kawasan tersebut merupakan titik rawan abrasi, gelombang pasang, dan tsunami.

“Dari anggaran Rp4,5 miliar, sekitar Rp200 juta di antaranya dialokasikan untuk pengadaan fasilitas mitigasi bencana antara lain, alat komunikasi darurat sebanyak 1 unit, rambu bencana atau papan informasi bencana sebanyak 15 unit, rambu titik kumpul 25 unit, rambu jalur evakuasi 25 unit, dan sirene tsunami 2 unit,” pungkasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *